Di Flores cerita tentang keberadaan hobbits bukan sekedar cerita rekaan. Makhluk mungil yang menjadi tokoh utama di film serial Lord of The Ring ini, jejaknya ditemukan di sebuah gua di daerah Ruteng, Manggarai.

Liang Bua

Tempat itu dikenal dengan nama Gua Liang Bua, dusun Rampasasa. Gua tersebut berpanjang 50 meter, lebar 40 meter dan tinggi 25 meter. Dan diperkirakan telah ada sejak 190.000 tahun yang lalu. Peneliti melihat kemungkinan goa itu terbentuk dari arus sungai yang membawa bebatuan menembus gundukan bukit lalu bersedimentasi. Perkiraan tersebut berdasarkan uji laboratorium terhadap sampe sedimen di pojok selatan gua.

Hobbits yang ditemukan jejaknya di Gua itu diberi nama Homo Floresiensis, tingginya hanya 100 cm, berat 25 kg dan volume otak 380cc.

Liang Bua, tempat ditemukannya fosil hobbit sudah sejak masa penjajahan menjadi tempat ekskavasi arkeologi dan paleontologi. Hingga 1989, telah ditemukan banyak kerangka Homo sapiens dan berbagai mamalia — makhluk mirip gajah Stegodon, biawak, serta tikus besar. Juga alat-alat batu seperti pisau, beliung, mata panah, arang, serta tulang yang terbakar, yang menunjukkan tingkat peradaban penghuninya.

Diawali kerja sama penggalian Indonesia-Australia dimulai tahun 2001 untuk mencari jejak peninggalan migrasi nenek moyang orang Aborigin Australia di Indonesia. Pada bulan September 2003, setelah penggalian pada kedalaman 5 meter ditemukan kerangka mirip manusia tetapi luar biasa kerdil.

Tulang-tulang itu tidak membatu tetapi rapuh dan lembap. Terdapat sembilan individu namun tidak ada yang lengkap.

Individu terlengkap, LB1, diperkirakan adalah betina atau perempuan, ditemukan pada lapisan berusia sekitar 18.000 tahun, terdiri dari tengkorak, tiga tungkai (tidak ada lengan kiri), serta beberapa tulang badan. Individu-individu lainnya berusia antara 94.000 dan 13.000 tahun.

Berikut adalah video-video mengenai Homo Floresiensis. Baca juga artikel ini tentang salah satu arkeolog yang berperan penting dalam menelusuri keberadaan hobbits di Flores.





Sumber:
1. http://tourismnews.co.id/category/destinations/gua-liang-bua-buktikan-manusia-hobbit-pernah-hidup-di-flores
2. http://news.liputan6.com/read/565381/6-fakta-manusia-hobbit-dari-indonesia-timur-yang-memukau-dunia

Sumber foto: http://tourismnews.co.id/