Setelah sempat terpikir beberapa lama untuk membuat sebuah project yang semua orang bisa berkolaborasi. Kami akhirnya membuat sebuah project kolaborasi bertajuk “Komik Rame-Rame ke Timur”.

Ide awal berasal dari keresahan kami melihat kondisi alam di Indonesia Timur yang dieksploitasi oleh korporasi, berbagai kasus penangkapan ikan secara ilegal dan seni budaya di beberapa daerah ada yang mulai punah.

Atas dasar itulah kami ingin berkomitmen untuk mengagas sebuah ide pembuatan komik bersama yang ditujukan untuk anak-anak SD di Indonesia Timur. Mengingat komik dengan warna-warni dan isi yang sederhana namun gambar menarik bisa menjadi daya tarik anak-anak. Kiranya kami bisa memasukan unsur budaya, pelestarian lingkungan dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai investasi masa depan.

Kami sangat optimis terhadap anak-anak Indonesia Timur yang cerdas akan turut menjaga serta semua kekayaan miliknya. Maka sudah semestinya mereka dipupuk rasa memiliki yang begitu kuat dan jiwa bangga atas kepemilikan segala harta yang mereka punya agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Kiranya usaha kreatif kolektif ini bisa mendapatkan dukungan dari teman-teman di Indonesia Timur dan juga teman-teman kreatif dimana pun berada.

Kami sempat menyebarkan pencarian komikus yang bisa turut serta agar memberikan respon di surel. Setelah itu kami akan mengabarkan cerita yang akan dibuat. Akan ada 10 komik yang dikurasi oleh Franki Indrasmoro untuk dibuatkan komik dan akan dicetak menjadi 500 cetakan pertama. Namun karya yang masuk akan tetap dibuatkan kanal khusus untuk diunggah secara berkala.

Pendanaan untuk kegiatan ini akan mengandalkan dari keuntungan dari penjualan brand kami, SIGHT FROM THE EAST dan beberapa merchandise yang akan dijual untuk mendukung kegiatan ini.

Kami akan selalu memberikan kabar terkini di website ini bilamana ada kabar gembira lainnya. Terimakasih untuk segala support.

Salam.