Cahaya-Dari-Timur-Beta-Maluku-poster

Saat timur Indonesia begitu seksi dan eksotis menjadi pembicaraan banyak orang. Ketika timur Indonesia menjadi latar yang bagus sehingga insan film bergegas pergi membawa peralatan, mengambil gambar namun tidak tahu apa esensi dari yang mereka ambil.

Cahaya dari Timur hadir bukan untuk sebuah eksistensi belaka atau hanya umbar eksotisme dari eloknya alam di sana. Lebih dari itu tema yang diangkat adalah sebuah perjuangan seorang Sani Tawainella yang ingin menyelamatkan anak-anak Tulehu dari konflik agama yang terjadi di Ambon melalui sepakbola.

Kami menonton film ini dengan ekpektasi tinggi, betapa tidak, tim yang sudah bekerja keras di balik layar mendedikasikan waktu mereka kurang lebih 4 tahun untuk menggarap film ini. Dan kami pun meninggikan standar untuk film Indonesia saat melihat siapa saja yang berperan di dalamnya. Sebut saja Angga Sasongko yang selalu memiliki pemikiran dan konsep “ideal” dalam karya-karyanya, Irfan Ramly, saksi hidup konflik Ambon sebagai penulis naskah dan Glenn Fredly yang dikenal sebagai musisi peduli dengan apa yang terjadi di Maluku dan sekitarnya. Tidak kalah penting kami pun mengintip penggarap ilustrasi musik di balik film ini, tercatat nama Nikita Dompas yang bukan saja sebagai musisi handal dia pun akademisi musik yang mengerti bagaimana caranya memberi rasa pada tiap adegan yang ada.

Alhasil setelah menikmati Cahaya dari Timur dengan beragam rasa, antara sedih, kalut, haru, bahagia dan marah. Kami menilai karya ini layak ditonton sebagai pemahaman paling utama untuk menjadi Indonesia yang memiliki banyak rupa. Semangat menyatukan perbedaan atas nama bola, semangat perjuangan untuk berdiri di kaki yang benar, semangat untuk yakin bahwa hal yang tidak mungkin itu mustahil. Dan untuk semua daerah yang pernah terkena konflik film ini seperti hidangan segar layaknya optimisme nyata.

Seperti belajar mata kuliah estetika, fenomonologi agama dan P4 di era pembaharuan. Sebuah tontonan bergizi yang touchy dengan punch-punch cerdas tak terhitung jumlahnya.

Kiranya kami mesti berterimakasih banyak untuk kalian tim Cahaya dari Timur, telah memberi nilai lebih tentang timur Indonesia dengan film yang penuh nutrisi ini. Mari berkeliling untuk bikin layar tancap di timur Indonesia!

Kasih satu ingatan manis setelah semua yang pahit ~ @cdtbetamaluku

jadwal cahaya dari timur

Jadwal tayang Cahaya dari Timur hari ini di Jakarta

Ps: Film ini kisah nyata yang tidak semuanya disajikan, ini hanya sebagian konflik dan drama yang terangkum. Mungkin kita bisa mengirim surat pada Angga Sasongko untuk tahu versi panjang sebenarnya tentang perjalanan Sani.