Ambon; City of Music. Bukan hanya sekedar stigma dan slogan semata. Penyanyi dan musisi dari berbagai genre beragam dekade yang berasal dari Ambon, mewarnai blantika musik Indonesia.

Saat kami ke Ambon. Beruntung sekali dapat menyaksikan langsung satu pertunjukan beragam seni di trotoar jalan Sam Ratulangi. Acara malam Minggu ini padat didatangi warga Ambon tua muda, beragam lapisan. Mereka baur dalam satu sukacita menikmati musik, lukis, puisi bahkan sedikit orasi.

IMG_0756

Acara yang kami lihat bernama TrotoArt. Suatu wadah untuk mereka berekspresi dengan seni. Panitia bahkan menyebutnya ini adalah acara suka-suka karena penyelenggaraannya tidak punya ketetapan waktu yang pasti.

IMG_0758

TrotoArt sudah diselenggarakan 10 kali. Acara yang berlangsung hingga tengah malam akhirnya harus usai. Kami terkesan sekali dengan semangat seni yang dimiliki oleh warga Ambon. Mereka mungkin sudah terlahir dengan satu paket kreativitas, daya imaji dan kemampuan berkesenian yang tinggi. Semoga TrotoArt bisa menjadi penyemangat warga Ambon untuk terus menggali segala potensi. Semoga pula menjadi acara yang berulang hingga menjadi satu rutinitas bagi Ambon.

IMG_8433

IMG_8422